Sunday, February 13, 2011

Kopi..


Hasil penelitian menunjukkan bahawa para penggemar kopi harus berwaspada pada bahaya yang biasa timbul dari kebiasaan minum kopi. Bahaya tersebut antara lain penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kancer. Ramai yang  suka minum kopi dan katanya ia sedap, maka ramai juga orang mengabaikan peringatan ini. Mengapa? Selama beberapa tahun belakangan ini, para peneliti telah mempublikasikan hasil penelitian mereka mengenai akibat minum kopi. Namun kesimpulan yang dibuat para peneliti ini belum sampai ke kesimpulan yang meyakinkan. Mengapa? Karana biasanya para peneliti hanya meneliti bahaya dari kafein, salah satu dari 500 kandungan kimia alami dalam secangkir kopi. Jadi sebenarnya penelitian terhadap kopi memang masih belum final dan masih jauh lebih kompleks.

Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan bahawa kopi dapat meningkatkan kolesterol hingga 10%. Khususnya jika kopi yang diminum tanpa disaring dan langsung dipanaskan. Kolesterol sendiri dikenal sebagai penyebab gangguan jantung. Seorang ahli nutrisi dari Inggris menyarankan untuk minum kopi yang segar dan bukan kopi yang sudah diolah, dipanaskan dan dididihkan selama beberapa waktu.

Bagi penggemar kopi, disarankan minum kopi secara wajar. Hindari minum lebih dari enam cangkir kopi dalam sehari. Bagi mereka yang mengalami gangguan jantung, gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi sebaiknya minum kopi cukup satu cangkir sehari. Untuk wanita hamil dan menyusui, sebaiknya juga minum tidak lebih dari secangkir kopi sehari. Kopi memang nikmat, namun kesehatan jauh lebih penting dibanding menikmati kopi secara berlebih..~


Sumber: http://www.swaraunib.com/kesehatan/10-dilema-minum-kopi-dan-bahaya-kopi.html

No comments: